Kuliner Depok & Tempat Wisata Di Depok : Gulo Klopo

July 19, 2017

Kali ini sedikit kita bahas tentang kota Depok, kota tempat saya berdomisili dan berbisnis selama lima tahun terakhir. Sepanjang Jalan Raya Sawangan di kecamatan Pancoran Mas menurut saya langka sekali menemukan spot event yang representatif. Kalaupun ada, benak saya selalu menyebutkan bahwa pengelolanya kurang serius dan kurang kreatif untuk menghadirkan tempat yang bisa dibuatkan event. Sampai akhirnya sekitar dua bulan lalu disalah satu titik sekitar Kelurahan Rangkapan Jaya, yang juga berada di Jalan Raya Sawangan, hadir Gulo Klopo Cafe, Resto dan Angkringan.

 

Pertama kali mengunjungi tempat ini, saya berfikir inilah opsi baru kuliner depok dan tempat wisata di depok yang bisa dipertimbangkan menjadi salah satu destinasi kuliner dan spot event di seputaran Sawangan Depok. Tempat kuliner depok ini di set up bernuansa jawa kuno dan berlokasi tepatnya di Jalan Raya Sawangan, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas Depok. Klik Disini untuk peta lokasinya.

 

Opsi tempat wisata di depok ini berkonsep cafe resto dan angkringan dimana juga menyediakan fasilitas meeting/gathering spot di dalamnya. Jadi gak cuma sebagai tempat kuliner depok tapi kita juga bisa menyelenggarakan acara seperti gathering, ulang tahun, reuni, arisan dan lain-lain dengan reservasi terdahulu pastinya.

 

Tempat kuliner depok yang hanya berjarak dari Depok Town Center (DTC), satu-satunya mall di kawasan ini, memiliki tiga spot area dengan tetap mengentalkan atmosfir jawa kunonya. Anda dapat memilih area cafe, resto atau angkringan dalam menikmati pilihan menu yang disajikan oleh tempat kuliner depok ini. Salah satu hal yang membuat nyaman tempat ini adalah layout antar meja yang memiliki jarak lega. Gak seperti banyak resto yang "menghemat" space dengan meja-meja berdempetan, Gulo Klopo cafe resto angkringan memberikan suasana nyaman dengan menempatkan jarak-jarak yang cukup antar meja. Asyiknya lagi, dibawah tiap-tiap meja terdapat 2 set colokan listrik sehingga buat orang seperti saya yang sering butuh mobile working space dapat lancar ber-laptop ria di tempat ini.

 

Di area cafe, nuansa jawa kuno tetap dijaga kekuatannya. Set up meja yang variatif dengan meja-meja kotak, sofa dan barstool membuat pemandangan di area ini tidak monoton. Salah satu corner di area ini dibuat dengan level ketinggian floor yang berbeda, sehinga dapat dijadikan sebagai stage area bila kita ingin reservasi dan mengadakan event/acara disini. Konon di malam-malam akhir pekan terdapat live band yang meramaikan suasana di tempat kuliner depok ini.

 

Buat para smoker and vaper, gak usah khawatir. Area cafe ini tidak seluruhnya tertutup dan banyak bertebaran fan/kipas angin sehingga hasrat meng-asap tetap terakomodir tanpa mengganggu pengunjung lain yang anti asap. Jadi, gak seperti di spot kuliner kebanyakan dimana 'ahli hisap' selalu jadi kaum termarginalkan di emperan cafe lengkap dengan segala kepanasan dan debu jalanan (padahal kan bayarnya sama ya ?). hehehehehe

 

Spot lainnya yang tersedia di Gulo Klopo Cafe Resto Angkringan sebagai salah satu tempat kuliner di Depok ini adalah bagian restaurant. Area resto berada di dalam sebuah bangunan permanen dengan tetap mengentalkan suasana jawa kuno melalui furniture kayu berukiran khas jawa. Layout ruangan tetap memanjakan pengunjung dengan jarak antar meja yang begitu lega.

 

Bersama keluarga tercinta, tempat ini menjadi opsi tempat wisata di depok dalam hal wisata kuliner. Bagian resto terdiri dari dua lantai. Di lantai atas terdapat dua ruangan yang bisa direservasi untuk kebutuhan private meeting bersama kolega ataupun rekan kerja.

 

Bagian lain yang tak kalah cozy adalah area angkringan. Berada disisi yang paling dempet dengan Jalan Raya Sawangan, tak membuat area yang ini terasa panas dan berdebu karena relatif tertutup dengan sekat bangunan dari jalan raya dan kipas angin dinding yang tersebar dengan kuantitas yang cukup. 

 

Terdapat beberapa wahana permainan anak walaupun sederhana tapi tetap akan membuat anak-anak kecil tertarik bermain. Sederet tanaman hidup memisahkan area meja makan dan gerobak angkringan memunculkan suasana asri area ini. Dan seperti area yang lainnya, jarak antar meja yang lega serta fasilitas colokan listrik di bawah meja membuat pengunjung betah menghabiskan waktu disini. Untuk urusan colokan listrik, nampakanya Gulo Klopo memang berniat menjadikan fasilitas ini sebagai salah satu edit value tempat wisata di depok untuk urusan kuliner ini. Bayangkan, sebanyak 135 colokan listrik tersedia didekat meja-meja yang ada di tiga area makan kuliner depok ini.

 

Untuk menu makanan, Gulo Klopo telah memenuhi dua aspek requirement yang biasa dipersyaratkan para pemburu kuliner yaitu soal rasa dan harga. Untuk menu makanan, penyedia kuliner depok ini menghadirkan menu Indonesia, Western, Oriental dan menu angkringan. Rasa dari masakannya enak, bahkan menurut pencicipan saya ini yang terenak dari resto-resto yang ada di sepanjang Jalan Raya Sawangan sehingga Gulo Klopo patut menjadi tempat kuliner depok yang recommended.

 

Soal harga, tingkat mahal atau tidak mungkin tergantung dari penilaian tiap-tiap orang. Kalau menurut saya sih lumayan ekonomis ditilik dari fasilitas yang dihadirkan tempat kuliner depok ini. Sekedar gambaran, saat berkunjung kesini, saya order 4 jenis makanan berat dan 4 gelas minuman dengan bill hanya berkisar Rp. 168.000,- termasuk pajak. Hemat kan ?

 

Mungkin satu-satunya handycap tempat wisata di depok ini adalah lokasinya yang berada di Jalan Raya Sawangan. Kenapa demikian ? saat weekend, kemacetan lalu lintas disini benar-benar kejam. Jadi butuh kesabaran ekstra untuk mencapai lokasi ini. Dan nampaknya untuk satu dua tahun ke depan akan terus begitu kondisinya. Pemkot Depok kan kurang keliatan hampir gak ada ikhtiarnya dalam mengatasi kemacetan lalu lintas di kota penyangga Jakarta ini, plus ada sedikit kesan memang gak concern pada urusan tourism di Depok. 

 

Oke, saya cukupkan ulasan salah satu tempat kuliner depok dan opsi tempat wisata di depok ini. Kalau butuh EO kreatif untuk mengawal event dan acara anda di Gulo Klopo, tenaaaang ... ada Jemari Organizer yang berkantor pusat sekitar 2 km dari tempat ini.

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload

Cari Arsip Artikel

Please reload

Baca Juga :