Outbound Di Bali Dengan River Tubing Yuuk ...

April 15, 2017

Program outbound di Bali rasanya akan tambah asyik dengan memasukkan kegiatan river tubing sebagai salah satu mata acara utamanya. Wisata tirta (wisata air) memang menjadi salah satu pilar utama dalam dunia pariwisata di Bali. Penyedia pariwisata Bali telah berhasil dan membuat laut, sungai dan danau yang ada di Bali menjadi wahana wisata yang begitu mengasyikkan. Begitu pula dengan penyedia wisata outbound di Bali juga telah mampu membuat wisata-wisata tirta ini sebagai media rekreasi dan edukasi yang amat menarik dengan berbagai macam kemasan dan skenario kegiatannya.

 

Kegiatan outbound di bali dengan river tubing dapat kita lakukan di sungai penet yang berada di daerah Sangeh, Kabupaten Badung, Bali. Adalah Bali International Outdoor (BIO) yang didirikan rekan saya, Ruly Anthony Klavert, merupakan operator wisata outbound di bali yang membuka layanan river tubing di sungai penet ini. Lokasi sungai ini berjarak kurang lebih 37 km atau berdurasi tempuh kira-kira 1 jam 10 menit dari bandara international Ngurah Rai Bali. 

 

Mau tahu lokasi outbound di bali ini ? klik aja disini

 

River tubing adalah sebuah wisata olahraga berupa kegiatan pengarungan sungai berjeram serupa dengan rafting / arung jeram. Hanya saja alat pengarungan yang digunakan bukanlah perahu karet sebagaimana yang sering kita temukan pada kegiatan arung jeram. "perahu" yang digunakan dalam kegiatan river tubing ini berbentuk seperti perahu bulat yang mirip dengan ban dalam truck namun sudah dimodifikasi sedemikian rupa supaya nyaman dan aman digunakan dalam pengarungan sungai. Grade sungai yang digunakan lebih rendah tingkat kesulitannya dibanding kegiatan arung jeram.

 

Ruly Anthony Klavert, Founder Bali International Outdoor yang menyediakan wahana outbound di bali dengan kegiatan river tubing ini menjelaskan, "aturan international mengatur dalam kegiatan river tubing adalah sungai dengan grade maksimal 2". Namun demikian kegiatan ini harus tetap dipandu oleh operator yang memiliki guide dengan skill yang memadai supaya kegiatan tetap berlangsung dengan aman.

 

Sebelum pengarungan dilakukan, safety briefing dilakukan oleh pemandu kepada peserta kegiatan river tubing. Sebagai anggota AELI (asosiasi experiential learning indonesia) yang juga telah mengantongi sertifikasi kepemanduan outbound, Bali International Outdoor (BIO) sangat concern terhadap keamanan dan keselamatan kegiatan serta pemberlakuan SOP yang meminimalisir resiko kegiatan outbound di bali dengan kegiatan river tubing ini.

 

Dalam sessi safety briefing ini peserta dipandu tentang bagaimana menggunakan alat pengaman diri (APD) yang baik dan benar serta beberapa teknik dasar yang perlu diketahui dalam kegiatan river tubing.

 

Route pengarungan sungai penet ini dibagi menjadi 3 kategori : long trip, medium trip & short trip. Route terpanjang ditempuh dalam kisaran waktu 2,5 - 3 jam pengarungan. Sungai penet adalah sungai dengan grade 2 yang memiliki penampang sungai yang tidak begitu lebar. Daerah bantarannya ditumbuhi rindang pepohonan sehingga saat pengarungan relatif kita tidak akan kepanasan karena terik matahari.

 

Dibeberapa titik, pengarungan akan break sejenak untuk mengumpulkan terlebih dahulu seluruh rombongan pengarungan. Biasanya ini dilakukan saat akan memasuki lintasan yang memiliki jeram. Para pemandu akan menempati terlebih dahulu titik-titik yang memiliki potensi resiko bahaya supaya dapat mengamankan seluruh pengarung yang akan melintasi jeram. 

 

BIO sangat terlihat sangat concern terhadap faktor keamanan pengarungan. Ini terlihat dari komposisi jumlah pemandu yang diterjunkan untuk mendampingi peserta pengarungan. Sekedar ilustrasi saja saat saya dan rekan-rekan turun ngarung di sungai ini dengan jumlah rombongan 15 orang, BIO menerjunkan 6 pemandu professionalnya untuk mendampingi. Selain itu, para pemandu ini menggunakan river board sebagai alat pengarungan. Alat yang satu ini membuat pergerakan para pemandu ini memiliki akselerasi yang lebih cepat dan lincah dalam mengimbangi dan mendampingi tube yang digunakan oleh para pengarung.

 

Mau tau keseruan outbound di bali dengan kegiatan river tubing ? saksikan aja video di bawah ini.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload

Cari Arsip Artikel

Please reload

Baca Juga :

  • Grey LinkedIn Icon
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Google+ Icon
  • Grey YouTube Icon
  • Grey Instagram Icon