Memasuki 2017, MKB Group Canangkan Tahun One Stop Solution

January 21, 2017

Mandiri Kreasi Bersaudara (MKB) Group, selama ini dikenal sebagai kelompok usaha yang bergerak memberikan layanan kebutuhan event & communication.  Sepak terjang unit-unit bisnis dalam MKB Group masih tergolong relatif muda dalam hal kelembagaan bisnisnya. Namun seluruh unit bisnis yang ada diinisisasi dan dikelola oleh orang-orang yang telah memiliki pengalaman dalam bidang bisnisnya masing-masing. 

 

Dalam tiga tahun terakhir, seluruh unit bisnis MKB Group 'dibiarkan' berjuang untuk mengokohkan pondasi bisnis dan eksistensi lembaga di segmennya masing-masing. Namun memasuki tahun 2017 seluruh unit bisnis mulai dikolaborasikan untuk memperkuat layanan tiap-tiap unit serta memperluas pasar dan pengguna layanan tiap unit bisnis.

 

Adel Halim, Managing Director UPGRADE_INC sebagai unit bisnis tertua dalam MKB Group menyampaikan bahwa kolaborasi dari unit-unit yang ada akan membawa tambahan benefit bagi klien-klien MKB Group. "Layanan satu atap membuat pekerjaan klien kami menjadi lebih simpel dan ringkas dengan kualitas hasil yang tetap terjaga serta harga yang kompetitif", ujar Adel di sela-sela rapat kerja gabungan MKB Group beberapa waktu lalu di Discovery Hotel & Convention Ancol, Jakarta.

 

Spirit yang akan diusung adalah spirit solutif bagi pengguna jasa layanan MKB Group. Bang Jaung, Managing Director JEMARI TIGA SINERGI berseloroh, "ini bukan PALUGADA ya, apa lu mau gue ada. Tapi ini PALUDAHDA, apa lu mau kami udah ada". Apa yang akan ditawarkan oleh unit bisnis MKB Group dalam platform layanan satu atapnya amatlah jauh dari semangat "brokerisme", lanjut Jaung. "kita hanya akan menawarkan apa yang memang sudah kita miliki sumber dayanya seperti manpower, peralatan dan lainnnya. Jadi beda dengan brokerisme. Gampang aja kok, lihat aja nanti harga jualnya. kalo pake sistim makelar pasti harganya melejit diatas harga pasaran", tandas Jaung.

 

 

Dalam rapat kerja gabungan yang diselenggarakan selama 3 hari di Discovery Hotel & Convention Ancol, Jakarta, telah dirancang strategi untuk keberhasilan platform MKB Group One Stop Solution. 

 

Yang pertama, sosialisasi tentang keberadaan sister company kepada klien masing-masing. Sasarannya adalah menancapkan solutif spirit kepada pasar dari sumber daya yang ada di lingkungan kelompok bisnis MKB

 

Yang kedua, brainstorming tak kenal henti untuk melahirkan gagasan-gagasan yang differensiatif kepada pengguna layanan MKB Group. Harapannya adalah produk dan layanan yang dihasilkan mampu menghasilkan solusi yang luar biasa bagi kebutuhan klien MKB Group.

 

Yang ketiga, kebijakan harga yang kompetitif dengan frame kualitas layanan yang tetap prima.

 

 

Industri layanan event dan corporate communication memiliki irisan yang erat sekali. Di segmen industri inilah layanan MKB Group coba dikiprahkan dalam sebuah platform solusi satu atap yang memudahkan pengguna layanannya mendapatkan beberapa jenis service dari satu penyedia. Dimulai dari lima tahun lalu, satu per satu unit bisnis mulai dibentuk untuk saling melengkapi dengan spesialisasi keahlian masing-masing. Layanan apa saja yang sudah siap dihadirkan oleh MKB Group ?

 

Upgrade-Inc adalah unit bisnis pertama kali dalam kelompok usaha ini. Upgrade-Inc bergerak dalam layanan event management (event organizer). Unit bisnis ini dikomandani oleh Adel Halim yang sudah berkiprah dalam bidang event sejak awal tahun 2000-an. Klik disini untuk mengenal lebih jauh tentang Upgrade-Inc

 

UG Production didirikan dalam rangka men-support kebutuhan bisnis Upgrade-Inc. Unit bisnis "kayu-kayuan" ini bergerak dalam memproduksi event properties seperti stage, booth pameran dan lain-lain. Pada mulanya unit bisnis ini memang hanya men-support kebutuhan proyek Upgrade-Inc. Namun saat ini telah berkembang pesat dengan melayani permintaan EO dan Advertising Agency serta end user lain diluar kebutuhan proyek MKB Group. Karena pengelolaan managemennya masih dibawah bendera Upgrade-Inc, workshop UG Production ditempatkan di daerah Joglo Jakarta Barat, tidak jauh dari lokasi kantor Upgrade-Inc yang berada di kawasan kemanggisan Jakarta Barat.

 

Jemari Tiga Sinergi menjadi event organizer kedua yang dibentuk dalam lingkungan MKB Group. Perbedaannya dengan Upgrade-Inc adalah unit bisnis ini memiliki latar belakang yang kuat dalam penyelenggaraan event-event outbound, outdoor gathering dan sejenisnya. Sejalan dengan perkembangannya melalui transformasi knowledge bersama "kakak tertua"nya, Jemari saat ini juga telah mampu mengelola event-event indoor yang membutuhkan keahlian show management. Bahkan dengan dikuasainya skill baru ini, konsep dan gagasan kreatif yang dilahirkannya menjadi memiliki keunikan tersendiri karena dipoles oleh "anak outdoor" dan "anak indoor". 

 

Dalam sepak terjangnya ditahun keempat ini, Jemari Tiga Sinergi telah berhasil pula melahirkan unit-unit bisnis baru didalamnya yang akan turut serta dalam memperkuat platform layanan satu atap MKB Group. Unit bisnis itu terdapat Pointlight Studio yang menyediakan layanan produksi multimedia, Experience Journey dengan layanan trip managementnya, Jemari Institute sebagai konsultan pengembangan sumber daya manusia di korporasi/organisasi, serta Dreamyland Party dengan warna-warni layanan party planner-nya

 

LAB Kreatif adalah unit bisnis MKB Group yang didirikan berikutnya. Anak-anak yang expert dalam dunia digital ini mengibarkan bendera dalam layanan konsep dan produksi untuk kebutuhan digital marketing. Pembuatan content provider, optimasi website dan optimasi social media merupakan beberapa layanan yang siap diusung oleh LAB Kreatif

 

WWComm adalah unit bisnis termuda dalam MKB Group. Unit bisnis ini bergerak dalam layanan Public Relation (PR) Management. Meski tergolong sebagai lembaga bisnis yang masih "bayi", namun jangan sangsikan kualitas layanan PR Agency yang satu ini. Karena insisator dan praktisi yang ada didalamnya adalah orang-orang yang telah berkiprah belasan tahun dalam industri PR di Indonesia.

 

Kolaborasi dari unit-unit ini mulai digalang diawal 2017 untuk memberikan layanan solutif bagi pengguna layanan MKB Group. Ingat, PALUDAHDA, apa lu mau, kami udah ada.

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload

Cari Arsip Artikel

Please reload

Baca Juga :